Tips Memotret Kembang Api Tahun Baru

Tips Memotret Kembang Api Tahun Baru — Momentum hari besar tentu tak lengkap tanpa kehadiran kembang api. Ada yang terasa kurang dari seorang fotografer apabila belum mempunyai koleksi foto hasil letusan warna-warni tersebut. Perpaduan warna yang cantik dari letusan kembang api tentu sangat menarik untuk diabadikan. Untuk itu, berikut tips&tricks bagaimana mengabadikan letusan kembang api agar hasil jeptretan menjadi spektakuler dan sempurna

hqdefault (1)

Tip Tema Foto Kembang Api Tahun Baru

Kecepatan dan Penunjang
Untuk memotret kembang api, Anda harus menggunakan:
– Kecepatan rana yang lambat
Cara yang terbaik untuk menstabilkan kamera adalah dengan tripod. Jika tidak memilikinya, coba sandarkan diri Anda pada pohon atau bangunan atau tempatkan kamera di atas dinding. Gunakan kabel pelepas rana atau fitur self timer jika diperlukan.

Jangan Gunakan Flash

Jangan menggunakan lampu kilat, ini tidak akan membantu mengabadikan kembang api yang jauh, kecuali untuk menyinari objek atau orang di latar depan; contohnya jika ingin mengambil potret wajah dengan latar belakang kembang api.

Pengaturan Manual

kembang-api-ilustrasi-1

Memotret kembang api merupakan situasi khusus di mana Anda harus berani melakukan pengaturan manual. Pastikan pencahayaan dan fokus lensa, keduanya disetel pada mode manual. Putar gelang fokus sampai lensa Anda berada pada posisi fokus infinity/tak terhingga.

Pencahayaan

Lakukan percobaan dengan beberapa kecepatan rana yang berbeda, antara satu detik dan 1/6 detik (gunakan ISO 100), tergantung jumlah cahaya sekitar dan berapa banyak kembang api di langit. Dengan kecepatan rana lambat akan memungkinkan letusan kembang api menghasilkan alur yang bergerak, yang bisa tampak menakjubkan di langit yang gelap. Tidak ada istilah berapa kecepatan rana yang benar. Cobalah kecepatan rana yang berlainan untuk mendapatkan berbagai macam efek yang dihasilkan. Putar f/stop rendah, antara f/8 dan f/16. ini akan membantu mengurangi cahaya yang berlebih saat menggunakan long exposure dan menghindari pantulan/bias cahaya.

Saran Pengguna Kamera Canon

20121231-223238

Beberapa percikan kembang api dapat digabungkan dalam gambar tunggal dengan menggunakan satu pencahayaan ”Bulb” (pencahayaan panjang), dengan rana yang tetap terbuka selama 30 detik atau lebih lama. Atur kamera ke mode manual, atur kecepatan rana sampai terbaca BULB.
Rana akan tetap terbuka selama Anda menekan tombol pelepas rana. Tindakan ini memungkinkan Anda menangkap beberapa percikan pada gambar tunggal.
Jika menggunakan teknik ini, pertimbangkan untuk memblokir lensa dan sensor di antara percikan kembang api. Tindakan ini akan membantu Anda menghindari masalah langit yang berubah menjadi abu-abu yang kotor karena terkena cahaya yang berkesinambungan saat Anda menunggu terjadinya rentetan percikan kembang api. Selamat mencoba

Incoming search terms:

  • foto kembang api 2016
  • gambar cewe pegang bunga
  • poto kembang api 2016
  • Bunga api 2016
  • cewek pramuka berhijab menghadap blakang
  • foto cewe berhijab bawa seikat bunga
  • kembang api candid
Tips Memotret Kembang Api Tahun Baru | fotoku | 4.5