Phoneography Bakal Jadi Trend

Phoneography Bakal Jadi Trend — Berkembanya teknologi kamera smartphone tentunya akan menghasilkan sebuah budaya baru untuk berkreasai. Bicara tentang kreatifitas para pengguna smartphone tentunya ini akan membuat kalian semua tertarik menggunkan kamera hp untuk aktifitas fotografi.

Phoneography atau smartphone photography atau keterampilan memotret dengan menggunakan telepon pintar kini sedang tren di kalangan penggemar foto. Bagaimana agar hasil phonegraphy kita berhasil, simak trik Pewarta dan Pengajar Foto Jurnalistik Antara Mosista Pambudi (Moses)   dalam acara pelatihan fotografi di acara pelatihan “phoneography”pada rangkaian pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, Maluku, Selasa.

Phoneography atau smartphone photography atau keterampilan memotret dengan menggunakan telepon pintar kini sedang tren di kalangan penggemar foto.  Namun yang menjadi penting bukanlah alat apa yang akan di gunakan, melainkan teknik pengambilan foto yang benar dan penguasaan pengetahuan tentang fotografi yang sebenarnya.

Bagaimana agar hasil phonegraphy kita berhasil, simak trik Pewarta dan Pengajar Foto Jurnalistik Antara Mosista Pambudi (Moses)   dalam acara pelatihan fotografi di acara pelatihan “phoneography”pada rangkaian pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, Maluku, Selasa.

Sebagai mantan fotografer akan berkomentar ” Apakah ini justru akan merusak pemahaman fotografi di indonesia yang semakin carut marut. Alasan logisnya seperti ini, jika teknologi smartphone bisa mencapai kemampuan dslr kamera maka sudah dipastikan kamera dslr tidak lagi laku di pasaran.

Mengingat ” riskan ” tentang penyalahgunakan fotografi, maka fotografi komersil akan tersingkirkan karena trending sosial media, sosial media yang mengarahkan publik untuk menilai foto apa yang tengah trending dan bukan mengenai teknik pengambilan foto yang benar mulai dari zone system hingga ranah lighting quality semisal.

Hal ini yang mungkin terabaikan, ditambah menjamurnya aplikasi editing foto yang langsusng dan praktis dikamera smartphone. Dengan minimnya kreativitas para pengguna aplikasi ini maka banyak dan mungkin terlalu banyak foto yang tidak berkualitas menjadi referensi para pengguna baru. Alhasil fotografi yang sebenarnya justru akan terkalahkan oleh manipulasi foto dari teknologi smartphone dan aplikasi gratisan.

Namun jika pelatihan ini hanya sebatas teknik komposisi mungkin saja menjadi positif, mengingat fitur liveview pada lcd smartphone bisa dimanfaatkan para pemula untuk mengatahui teknik dasar dari sebuah fotografi. Yups semoga tidak kebablasan sob. @ibnusupra

Phoneography Bakal Jadi Trend | fotoku | 4.5