Penjelasan Image Stabilization Lensa

Penjelasan Image Stabilization Lensa — carafoto.net. Kerapkali kita dibingungkan dengan review lensa baru , dengan teknologi yang semakin canggih kita malah terkesan tidak mengetahui fungsi yang sebenarnya. Kita disibukan dengan ritual dan cara kita memotret yang berdasarkan pada pengalaman. Namun tidak ada salahnya anda mencoba untuk mengetahui fitur dari lensa yang telah anda beli cukup mahal. Kali ini carafoto akan membahas mengenai Image Stabilezer pada lensa

Canon-EF-S-18-55mm-f-3.5-5.6-IS-Lens

Penjelasan Image Stabilization Lensa

Image Stabilization (atau Vibration Reduction pada Nikon) adalah teknologi yang ada di beberapa lensa DSLR Canon dan Nikon. Cukup dengan mengaktifkan Image Stabilization (IS) maka fotografer bisa menghasilkan foto yang tajam dalam kondisi minim cahaya tanpa bantuan tripod – alias menggunakan shutter speed yang cukup lama sementara kamera hanya dipegang tangan – tanpa foto menjadi blur.

Image Stabilization atau Vibration Reduction berfungsi mengurangi efek getaran selama pemotretan sehingga menjadi lebih stabil dan ujung-ujungnya foto menjadi lebih tajam. IS atau VR diklaim bisa membuat foto kita tetap tajam meskipun dalam kondisi eksposur lebih lambat 2 sampai 3 stop.

Satu hal yang sering ditanyakan pembaca melalui email adalah: “apakah ada efeknya saat kita memotret menggunakan tripod sembari mengaktifkan IS atau VR?”

MG_0199-800x533

Jawabannya sangat bergantung pada jenis model lensa IR/VR tersebut. Disaat awal teknologi IS dan VR ini dikenalkan, beberapa foto yang diambil dengan lensa IS/ VR yang diaktifkan sambil mengunakan tripod malah justru blur. Penyebabnya adalah karena teknologi image stabilization secara default akan mencari gerakan kamera. Nah saat kamera dipasang di tripod sehingga kamera tersebut menjadi sangat stabil, maka IS dan VR justru akan kebingungan sehingga membuat foto menjadi blur.

Untuk mengatasi ini, Nikon dan Canon memperkenalkan teknologi baru image stabilization yang dilengkapi kemampuan mendeteksi saat kamera dipasang di tripod (tripod detection). Dengan tripod detection maka IS dan VR secara otomatis akan tahu saat kita memakai tripod dan tidak berusaha mencari-cari gerakan.

Untuk memastikan lensa IS atau VR mana saja yang dilengkapi dengan tripod detection, pastikan buka kembali manual lensa anda. Jika lensa anda tidak dilengkapi tripod detection, maka matikan IS atau VR saat anda memotret menggunakan tripod. Sementara jika lensa IS anda sudah dilengkapi tripod detection, maka pakai tripod-pun tidak akan memberi efek blur pada foto saat memakai gtripod.

Incoming search terms:

  • dowload edit foto hunting
  • download foto cewe berhijab sedang merunduk dengan latar kekinian
Penjelasan Image Stabilization Lensa | fotoku | 4.5