Cara Memotret Makanan Agar Menarik

Cara Memotret Makan Agar Menarik — Carafoto.net. Selain berdoa, makanan baru bisa disantap usai dipotret.Kini, hal itu seolah sudah lumrah. Bahkan, ketika di meja makan, tak sedikit di antara kita yang bahkan mengingatkan, “Mau difoto dulu atau udah boleh diambil nih?”Foto makanan biasanya diambil untuk disebar ke media sosial, salah satu saluran yang paling populer adalah Instagram.

cara foto makanan

cara foto makanan

Kalau sudah terbiasa menggunakan layanan berbagi foto itu, bahkan jadi salah satu dari sekian banyak penyumbang tagar #foodporn, kemungkinan besar memang tertarik dengan fotografi makanan.Jangan salah, berbagai foto makanan yang diunggah di Instagram pun makin bagus dan menarik. Bahkan beberapa foto memang mengundang air liur karena terlihat lezat, meski banyak di antara para pengunggah juga bukan fotografer profesional.

Tips Foto Makanan Agar Menarik

1. Makanan bagus
Salah satu momen terbaik untuk memotret makanan adalah sesegera mungkin setelah makanan tiba di meja makan. Selain masih segar, posisi garnish yang ditata oleh chef pun masih pada tempatnya.

Sebagai cara tambahan, perhatikan komponen apa saja yang menarik di piring agar bisa membuat makanan lebih menarik.

2. Pilih angle yang tepat
Salah satu angle foto makanan yang ampuh adalah dengan mencari bagian paling menggiurkan dari sajian. Ketika bagian itu kamu foto, maka orang yang melihat pun akan merasakan sensasi menggiurkan seperti yang kamu alami.

3. Shoot your lunch, eat your dinner
Kalimat itu sangat berlaku bagi para pengguna ponsel cerdas yang hanya mengandalkanavailable light ketika memotret makanan. Tidak perlu memaksakan diri untuk memotret makanan saat makan malam dengan cahaya temaram, karena hasilnya kurang bagus dangrainy.

4. Buat doodles
Jika ingin fotografi yang lebih niat, coba buat sketsa atau doodle terlebih dahulu soal framingyang akan dipakai.

cara foto makan 3

pilih koposisi gan

Namun, jika kamu berniat untuk terjun sebagai fotografer makanan profesional, sebaiknya pelajari beberapa kiat berikut

1. Serasikan konsep
Langkah ini sangat penting jika pemotretan makanan yang akan dilakukan melibatkan klien. Untuk bisa memiliki konsep visual yang sama, sebaiknya gunakan referensi dan mood board.Bahas berbagai aspek seperti lighting, angle, aspect/cropping, styling, hingga color scheme.

2. Libatkan food stylist
Jika memungkinkan, libatkan food stylist saat pemotretan. Kontribusi mereka tidak berhenti pada plating saja, tetapi juga mengatur ambience yang ingin ditampilkan.

3. Maksimalkan H-1
Siapkan minimal satu hari untuk mencari properti yang akan digunakan pada pemotretan. Karena ketersediaan barang tentu berbeda-beda di setiap restoran.

4. Ciptakan gimmick

cara foto makan2

perhatikan warna dan background

Pikirkan sentuhan yang bisa menjadi connecting theme pada tiap foto. Mungkin, mudah bagi kita untuk memotret satu atau dua foto bagus. Namun, untuk bisa menghasilkan 15 foto dengan pencahayaan dan mood yang konsisten, tentu memerlukan latihan dan usaha tersendiri.

5. Klien di lokasi
Pastikan ada klien yang bisa memberi approval di lokasi pemotretan. Jangan sampai ada revisi yang tidak mungkin, seperti “Tolong kentang gorengnya diganti wedges, ya. Di-Photoshop, saja.”

6. Buat dua set
Untuk memaksimalkan waktu, libatkan food stylist dan buat dua set di studio. Saat foto satu makanan, biarkan food stylist mempersiapkan menu berikutnya di set yang lain.

Incoming search terms:

  • foto cewek berbalik badan sambil pegang gitar
  • poto anak smp hunting pake kamera siomi
  • cewek berato foto pakai slr
  • foto anak kekinian satu badan
  • cowok renang pakai gopro
  • contoh photo studio buat remaja berlatar hitam
  • cara-cara untuk berhunting
  • cara mengedit tembus pandang dengan picsart pro
  • cara mengedit foto biyar bagus dan cerah seperti model di picsart
  • cara edit mirip urbex dengan vsco A8
Cara Memotret Makanan Agar Menarik | fotoku | 4.5