Cara Meletakan Subjek Pada Frame Foto Ala Fotografer Profesiaonal

Cara Meletakan Subjek Pada Frame Foto Ala Fotografer Profesiaonal — Kerap kali sebagai pemula dalam bidang fotogrfi anda dibingungkan dengan hal komposisi foto. Anda terkadang ragu karena anda tidak mengetahui ilmu dasar yang benar mengenai komposisi, dengan istilah lain anda masih belajar untuk menemukan foto yang bagus menurut anda pribadi. Namun taukah anda sebenarnya komposisi frame foto itu ada ilmunya dan mudah sekali anda terapakan dalam aktifitas foto digital, baik dengan kamera ” apapun “, bahkan jika anda terbiasa anda bisa langsung melihatnya di view finder tanpa batuan grind lcd yang terdapat pada setiap fitur kamera.

Anda mungkin jarang sekali menemukan beberpa foto peraih sebuah penghargaan terutama dalam bidang jurnalisme dan Human interst dengan foto subjek tepat di tengah frame. Sekali lagi anda perhatikan beberapa contoh foto berikut.

Cara Meletakan Subjek Pada Frame Foto Ala Fotografer Profesiaonal

Cara Meletakan Subjek Pada Frame Foto Ala Fotografer Profesiaonal

Daya tarik  dari sebuah foto diatas adalah bagaiman nasib dari anak kecil ” gadis ” yang sedang ditunggu kematiannya oleh seekor burung pemakan bangkai atau burung nasar .

Kevin Carter, seorang fotografer asal Afrika Selatan. Pada tahun 1993, Kevin berangkat ke Sudan untuk meliput sebuah pemberontakan yang terjadi di negara tersebut. Disana, Kevin mendapati seorang gadis kecil kelaparan, sementara burung nasar terlihat berdiri di belakang gadis tersebut, seolah bersiap-siap memangsa gadis malang itu. Dari sini, dilema menghampiri hati Kevin.

Gadis kecil itu terlihat tidak mengenakan pakaian sehalai pun dengan tulang-tulangnya yang tampak menonjol. Ia merintih kelaparan dan tak kuasa lagi bergerak untuk mencari makanan.

Kevin Carter

Kevin Carter

Bukannya menolong gadis itu, Kevin lebih memilih diam sejenak dan kemudian mengambil kameranya untuk mengabadikan momen mengenaskan ini. Kevin menjelaskan kalau gadis itu selamat dan berjalan menjauh dari burung nasar tadi.

Namun, ia tidak tahu bagaimana nasib gadis kecil malang ini selanjutnya. Setahun kemudian, Kevin mendapat penghargaan dari majalah New York Times karena foto mengenaskan itu telah dipilih sebagai foto terbaik.

kevin-carter-photos
Sementara Kevin mendapat banyak pujian, tapi kritikan tajam terus diterima Kevin karena dianggap mementingkan profesi daripada menolong gadis kelaparan yang nyaris dimangsa burung nasar itu. Kevin harus menghadapi tekanan yang amat begitu berat dari banyak orang yang mempertanyakan sisi manusiwai dalam dirinya. Akibat tekanan dari pihak luar, Kevin merasa bersalah dan menyesal tidak menolong gadis itu. Terus menerus dihantui rasa bersalah yang tak ada ujungnya, Kevin ditemukan mati bunuh diri di Afrika Selatan, pada 27 Juli 1994

Foto gadis kelaparan dengan burung nasar itu kemudian Kevin jual kepada majalah New York Times. Ketika dipublikasikan di koran pada 26 Maret 1993, foto tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana nasib gadis itu.

Serupa dengan Cavin carter, James Nachtwey juga seorang fotografer profesional yang sangat memperhatikan komposisi sebuah foto. Beberapa foto yang sangat menarik adalah foto berikut ini :

james4

Banyak sekali ilmu dasar yang mestinya bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hasil maksimal. Salah  satunya adalah hal yang bisa sahabat praktekan langsung seperti beberapa contoh dibawah ini.

Framing

framing

framing

framing

framing

Dengan meletakan subjek diantara bidang yang berada lebih dekat dekat kamera atau dikatakan ” foreground” dengan kata lain bidang / media tersebut menjadi bingkai.

Repetisi Atau Pengulangan

Repetisi Atau Pengulangan

Repetisi Atau Pengulangan

Repetisi Atau Pengulangan

Repetisi Atau Pengulangan

Repetisi foto dijelaskan adalah sebuah pengulangan garis yang memiliki perspektif jauh hingga memunculkan ruang dan jarak kedalaman dalam selembar foto. Ini berkaitan dengan DOF dan lensa apa yang akan kamu gunakan. Namun jika kamu jeli kamu akan mudah mendapatkan keadaan dari foto diatas dalam lingkungan kita sehari hari.

Rule Of Thirds

rule of thirds

rule of thirds

Komposisi ini adalah teknik meletakan objek dan membagi frame benjadi bagian bagian tertentu yang menegasakan dan menimbulkan kesan mendalam, coba perhatikan lagi foto ini :

james4

Cara Meletakan Subjek Pada Frame Foto Ala Fotografer Profesiaonal

Cara Meletakan Subjek Pada Frame Foto Ala Fotografer Profesiaonal

Hanya berbeda DOF namun memiliki jenis komposisi foto yang sama, bedanya adalah pada POI, justu pada foto diatas  ” piring berisi air ” mampu menggambarkan keadaan kelaparan seorang yang terbaring di bawah selimut.

Foto diatas bersifat dikumentasi jurnalistik, baiknya belajarlah menganai eksposure lebih mendalam agar moment yang harusnya tertangkap dengan baik, juga memiliki eksposure yang baik.

Demikian artikel yang dapat saya bagikan dalam kesempatan ini, silahkan request artikel mengeni fotografi di situe carafoto.net, semoga bermanfaat!!

@ibnusupra

Incoming search terms:

Cara Meletakan Subjek Pada Frame Foto Ala Fotografer Profesiaonal | fotoku | 4.5